
Parimo,Updatesulawesi – Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Farid Ali Buraera, menegaskan bahwa guru merupakan fondasi utama kemajuan pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.
Pernyataan ini disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi bersama para guru di Aula Kantor Disdikbud Parigi Moutong, Sabtu (25/05/2025).
“Guru dan tenaga pendidikan adalah fondasi kemajuan pendidikan,” ujar Farid dalam arahannya.
Ia mengajak seluruh tenaga pendidik di Parigi Moutong untuk tidak cepat berpuas diri atas pencapaian yang telah diraih, melainkan terus mendorong inovasi dan peningkatan kapasitas diri, terutama dalam menghadapi transformasi pendidikan di era digital saat ini.
Farid menekankan bahwa pesatnya perkembangan teknologi dan dinamika kebijakan kurikulum nasional menuntut guru untuk terus belajar dan beradaptasi.
“Sebagai seorang guru, tidak boleh berhenti belajar. Inovasi adalah kunci agar kita tetap relevan dan mampu memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak didik,” tegasnya.
Ia menyebutkan bahwa guru yang berkualitas harus mampu merespons perubahan dengan cepat dan mengintegrasikan metode pembelajaran yang sesuai dengan semangat kurikulum nasional. Hal ini, menurutnya, sejalan dengan visi besar pembangunan nasional, termasuk program Asta Cita Presiden Republik Indonesia dan gerakan yang digaungkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah.
Farid juga mengajak seluruh guru untuk bersama-sama membangun sistem pendidikan yang bermutu, adaptif, dan berkarakter, demi mencetak generasi Parigi Moutong yang unggul, kompetitif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
“Mari bersama kita wujudkan pendidikan yang bermutu, adaptif, dan berkarakter demi generasi Parigi Moutong yang unggul,” tutupnya.
Rapat tersebut menjadi forum strategis dalam memperkuat komitmen para guru dan tenaga kependidikan, serta mempererat koordinasi antar pemangku kepentingan pendidikan di daerah. Semangat kolaboratif ini diharapkan dapat melahirkan lingkungan belajar yang inspiratif dan responsif terhadap perubahan zaman